Pemilihan Induk

Induk yang baik untuk dipijahkan berumur kurang lebih 1,5 tahun dengan ukuran panjang badan antara 20 – 30 cm (7 – 8 inchi). Induk yang sehat dapat ditandai dengan warna tubuh yang cerah, bersih, tidak cacat serta gerakannya lincah (aktif).

Cara membedakan induk Black Ghost jantan dan betina dengan melihat ciri fisiknya. Induk jantan memiliki ciri dagu dan badan panjang serta lurus, sedangkan induk betina pendek dan terlihat gemuk serta lebih besar.

Cara Pemijahan

Pemijahan ikan Black Ghost dapat dilakukan dengan dua cara:

Cara Pasangan

Dilakukan di akuarium ukuran 100 × 50 × 40 cm, diisi dengan 7 ekor induk dengan perbandingan 3 induk jantan dan 4 ekor induk betina.

Cara Massal

Pembenihan secara massal ikan Black ghost, dipijahkan dalam kolam atau bak fiber ukuran 2,5 × 1,5 × 0,5 m yang diisi 20 ekor induk dengan perbandingan jantan dan betina adalah 8:12 (8 ekor jantan dan 12 ekor betina).

Tempat bertelur dapat digunakan pakis. Pakis diletakkan diantara dua keramik dan diantara pakis dan keramik diberi batu.

Perawatan Telur

Akar pakis yang telah berisi telur ikan Black Ghost diambil dan dipindahkan ke akuarium untuk pembenihan. Pengambilan pakis yang berisi telur dari kolam pemijahan dilakukan pada pagi hari. Jumlah telur black ghost bisa mencapai 200-1000 telur.

Pemeliharaan Benih

Dalam waktu 3 hari telur akan menetas. Anak ikan Black Ghost yang baru menetas akan berwarna putih dan masih diliputi lendir. Anak – anak ikan Black Ghost akan berubah warna dari putih menjadi hitam pasa usia 7 hari, perubahan warna juga diikuti dengan menghilangnya lendir. Pada usia 10 hari anak – anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan infusoria atau naupli artemia, sedangkan pada saat usia mencapai 14 – 16 hari anak – anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan cacing rambut.

About these ads