Tubifex merupakan salah satu jenis pakan alami ikan yang hidup didasar perairan tawar. Tubifex ini biasanya ditemukan pada dasar perairan yang mengalir dan banyak mengandung bahan organik.

Tubifex mudah untuk dikenali dari bentuk tubuhnya yang seperti benang sutra dan  berwarna merah kecoklatan karena banyak mengandung haemoglobin. Tubuhnya sepanjang 1-2 cm, terdiri dari 30 – 60 segmen atau ruas.  Tubifek  membenamkan kepalanya ke dalam lumpur  untuk mencari makan dan ekornya di sembulkan di permukaan dasar untuk bernafas.

Tubifex berkembang baik pada media yang mempunyai kandungan Oksigen terlarut berkisar antara 2,75 – 5, kandungan amonia < 1 ppm, suhu air berkisar antara 28 – 30 oC dan pH air antara 6 – 8.

Tubifex bersifat hermaprodit. Pada satu organisme mempunyai 2 alat kelamin.

Telur Tubifex dihasilkan oleh cacing yang mengalami kematangan kelamin betina dan dibuahi oleh cacing lain yang mengalami kematangan sel kelamin jantan. Pembuahan  menghasilkan kokon yang berukuran panjang  kira-kira 1,0 mm dan garis tengahnya 0,7 mm. Kokon ini dibentuk oleh kelenjar epidermis dari salah satu segmen tubuh cacing yang disebut klitelum. Jumlah telur dalam setiap kokon berkisar antara 4 – 5 buah.

Tubifex mempunyai siklus hidup yang relatif singkat yaitu 50 – 57 hari. Induk tubifex dapat menghasilkan kokon setelah berumur 40 – 45 hari. Sementara proses perkembangan embrio didalam kokon berlangsung selama 10 – 12 hari.

Tubifex dapat dibudidayakan dan dapat digunakan langsung untuk pakan larva atau benih ikan. Tubifex dapat juga  disimpan dalam bentuk cacing beku.

Klasifikasi: Filum :  Annelida, Kelas : Oligochaeta , Ordo : Haplotaxida, Famili : Tubificidae, Genus : Tubifex, Spesies : Tubifex sp.-

Gambar klik di sini.


.

Baca juga:

About these ads