Lobster air tawar yang sudah di panen biasanya dikirim dalam keadaan hidup. Agar dapat sampai di tujuan dengan baik, perlu dilakukan pengemasan yang baik pula.

Untuk lobster ukuran konsumsi atau bibit, pengemasan biasa dilakukan dengan kemasan kering. Sedangkan untuk indukan yang sedang bertelur atau membawa embrio, pengemasan dilakukan dengan cara pengemasan basah.

Pengemasan basah ini sama dengan pengemasan ikan pada umumnya. Lobster dimasukkan ke dalam wadah plastik dan diberikan oksigen. Hanya bedanya, untuk lobster plastik yang digunakan harus dirangkap 2/3 buah untuk menghindari kebocoran akibat capit lobster.

Pengemasan secara kering lebih sering digunakan karena lebih mudah dan efisien. Kemasannya cukup menggunakan box styrofoam atau kotak plastik untuk nasi kuning yang diberi alas koran, kapas, kertas tisu atau kain yang dibasahi.

Untuk pengiriman jarak jauh biasanya di dalam kotak ditambahkan es batu untuk mempertahankan agar suhu tetap rendah. Hanya saja es batu jangan sampai menyentuh lobster secara langsung karena dapat menyebabkan kematian.

About these ads