Pakan merupakan faktor biaya terbesar dalam budidaya ikan lele. Sehingga menurunkan biaya pakan dengan pakan ikan lele alternatif yang lebih murah atau gratis dapat meningkatkan keuntungan. Belatung atau maggot mungkin salah satu alternatif pakan pengganti pelet lele.

Berawal dari pembuatan kompos seorang teman. Setelah pengomposan berjalan kuang lebih 3 minggu, dari kompos tersebut keluar belatung atau maggot yang berbentuk seperti ini.

 gambar maggot larva belatung

Beberapa belatung dibiarkan menjadi pupa dan menetas menjadi sejenis lalat seperti ini.

gambar-hermetia-illucens-black-soldier-fly-dari-maggot

Setelah googling, hasilnya adalah bahwa maggot tersebut mirip dengan maggot atau larva atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens.

Maggot atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens sendiri ternyata sudah dibudidayakan karena mempunyai berbagai keunggulan. Diantaranya adalah kadar proteinnya yang tinggi sekitar 40 % dan kadar lemak sekitar 30 % sehingga dapat dimanfaatkan untuk pakan ikan dan unggas.

Maggot atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens dapat mengubah sampah menjadi protein  dan lemak dan mengurangi massa sampah sampai  50 % sampai 60 % sehingga dapat digunakan sebagai solusi untuk mengurangi pencemaran limbah organik. Kehadiran larva Hermetia Illuscens juga diketahui menghambat atau mengurangi hadirnya larva lalat rumah yang dapat menjadi sumber penyakit.

Berbagai macam sampah dapat menjadi tempat berkembangnya larva atau belatung dari black soldier fly atau Hermetia Illuscens. Diantaranya adalah sampah sayuran, sampah rumah tangga, sisa makanan yang membusuk, kotoran hewan dan bangkai hewan.

Black soldier fly meletakkan telurnya di dekat bahan organik yang membusuk, bukan pada sampah organiknya. Larva dari telur yang menetas akan jatuh ke bahan organik tersebut. Kehadiran belatung akan mengundang lalat  Black soldier  dewasa yang lain untuk bertelur di dekatnya sehingga belatung yang ada biasanya tidak sama umurnya.

Panen belatung atau maggot tidak terlalu sulit. Maggot yang akan menjadi pupa  mempunyai kecenderungan untuk bermigrasi mencari tempat yang dirasa aman. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses pemanenan dengan membuat semacam jalur jebakan sehingga maggot yang bermigrasi terkumpul pada satu tempat.

Lalat dewasa dari Hermetia Illuscens belum diketahui sebagai sumber pengakit karena lalat dewasa tidak memerlukan makanan sehingga tidak tertarik kepada makanan manusia.

Semoga bermanfaat.

About these ads