Sistem akuaponik ember ini sudah berumur satu tahun lebih. Jadi sistem aquaponik ini boleh dianggap sudah stabil.  Sistem akuaponik ini pernah ditanami dengan sawi, kangkung, talas, melon, jahe, bawang merah dan tomat dengan hasil yang sangat beragam. Hasil yang memuaskan dari aquaponik ini adalah tanaman kangkung, sawi, melon dan talas.

Untuk tes kali ini akuaponik ember ditanami dengan  kangkung, timun, seledri, cabai dan kemangi. Kangkung dan timun ditanam dari biji langsung ke growbed, seledri dari memisahkan rumpun, cabai dari semaian dan kemangi menggunakan setek dari kemangi sayuran yang dijual di pasar.

aquaponik ember growbed sebelum tes

aquaponik ember growbed sebelum tes

Ikan dalam aquaponik menggunakan 6 ekor ikan terdiri dari ikan mas, koi, komet dan tawes dengan ukuran 3-4 jari.

Akuaponik ini dibiarkan selama 4 minggu dengan perawatan minimal. Perawatan untuk sistem aquaponik ini hanya memberi pakan ikan sehari sekali dan menambahkan air untuk mengganti air yang menguap.  Pompa dan autosiphon akuaponik sengaja tidak dibersihkan untuk mengetes daya tahannya.

tanaman di growbed akuaponik setelah 4 minggu

tanaman di growbed akuaponik setelah 4 minggu

Setelah 4 minggu, ternyata sistem akuaponik ini masih berjalan normal. Autosiphon bekerja dengan baik dan pompa tidak macet. Kangkung dan kemangi tumbuh dengan baik dan memenuhi growbed. Tanaman lain tetap hidup tapi tidak maksimal. mungkin karena kalah berebut unsur hara dan sinar matahari dengan kangkung. Ikan tumbuh dengan baik. Ikan tawes terlihat pertumbuhannya paling baik.

growbed setelah kangkung dipanen dan timun dalam akuaponik ember

growbed setelah kangkung dipanen dan timun dalam akuaponik ember

Untuk tanama cabai, meskipun berbunga, tetapi akhirnya rontok dan daunnya menguning. setelah diperiksa ternyata dibagian bawah daun terserang hama kutu hitam.

kemangi akuaponik ember

kemangi akuaponik ember

panen kangkung aquaponik

panen kangkung aquaponik

Kesimpulannya, akuaponik ember sistem pasang surut bisa bertahan 4 minggu dengan perawatan minimal.