Pemilihan Induk

Untuk mendapatkan benih  tawes yang berkualitas dan jumlah yang banyak  dipilih induk dengan ciri-ciri:

Letak lubang dubur terletak relatif lebih dekat ke pangkal ekor. Kepala relatif lebih kecil dan meruncing.  Sisik-sisiknya besar dan teratur. Pangkal ekor lebar dan kokoh. Ikan tawes jantan umur 1 tahun,  induk tawes betina umur 1,5 tahun dan matang kelamin.

Tanda-tanda induk ikan tawes telah matang kelamin dan siap dipijahkan:

Induk betina
Perutnya mengembang kearah genetal dan bila diraba terasa lebih lembek. Lubang dubur berwarna agak kemerah-merahan. Tutup insang diraba lebih licin. Bila perut diurut dari arah kepala ke anus akan keluar cairan kehitam-hitaman.

lnduk jantan
Bila perut diurut dari arah kepala ke anus akan keluar cairan berwarna keputih-putihan (sperma). Tutup insang bila diraba terasa kasar

Persiapan Kolam

Kolam pemijahan ikan tawes  sekaligus  merupakan kolam penetasan dan kolam pendederan. Sebelum dipergunakan untuk pemijahan, kolam dikeringkan, pematang diperbaiki dan dasar kolam dibuat saluran memanjang (caren/kamalir) dari pemasukan air kearah pengeluaran air dengan lebar 40 cm dan dalamnya 20-30 cm.

Pelepasan Induk

Induk ikan tawes yang telah terpilih untuk dipijahkan kemudian diberok  selama 4-5 hari dengan penempatan induk jantan dan betina secara terpisah.
Setelah diberok kemudian induk ikan dimasukkan ke kolam pemijahan yang telah dipersiapkan pada saat air mencapai kurang lebih 20 cm. Perbandingan induk betina dan induk jantan 1 banding 2. Pada sore hari kurang lebih pukul 16.00 air yang masuk ke kolam diperbesar sehingga aliran air lebih deras.  Biasanya induk ikan tawes memijah pada pukul 19.00-22.00.  I

Penetasan Telur

Setelah induk ikan tawes bertelur, air yang masuk ke kolam diperkecil agar telur-telur tidak terbawa arus.  Penetasan dilakukan di kolam pemijahan .
Pagi hari diperiksa bila ada telur-telur yang menumpuk di sekitar kolam atau bagian lahan yang dangkal disebarkan dengan mengayun-ayunkan sapu lidi di dasar kolam. Telur ikan tawes biasanya menetas semua setelah 2-3 hari.
Dari ikan hasil penetasan dipelihara di kolam tersebut selama kurang lebih 21 hari.

Panen Benih

Panen dilakukan pada pagi hari degan cara mengeringkan kolam setelah benih berada dikamalir/dicaren. Benih tawes  ditangkap dengan menggunakan waring atau seser.

Iklan