Untuk mencapai pertumbuhan terbaik, larva ikan harus mendapat pakan yang mengandung semua nutrien yang dibutuhkan. Pakan tersebut harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin secara lengkap dan dalam jumlah yang tepat.

Seringkali pakan alami yang merupakan pakan terbaik bagi larva ikan, tidak cukup tersedia baik jumlah maupun kualitasnya. Untuk itu perlu ditambahkan pakan buatan.

Pakan buatan untuk larva ikan harus sesuai dengan kebiasaan makan larva ikan. Bentuk dan ukurannya juga harus sesuai dengan bentuk dan ukuran mulut ikan. Sampai saat ini yang sering digunakan adalah pakan buatan dalam bentuk emulsi.

Salah satu formula pakan emulsi terbuat dari kuning telur itik, air, tepung kedelai, tepung sagu dan vitamin dengan perbandingan 1 butir telur itik, 200 cc air, 40 gr tepung kedelai, 5 gr tepung sagu dan 1 gr vitamin.

Semua bahan tersebut dicampur kemudian dipanaskan sambil terus di aduk sampai mengental seperti lem. Setelah didinginkan 10 menit pakan tersebut siap diberikan kepada larva ikan. Pakan tersebut diberikan 3-5 kali sehari dengan cara disemprotkan secara merata di atas permukaan air.-

.

Tulisan yang berhubungan:

Iklan