Bayangkan sebuah tempat yang hijau dan sejuk dengan gemericik air terjun yang mengalir. Tentu anda merasa nyaman berada di tempat tersebut. Namun tidak mudah menemukan tempat seperti itu sekarang.  Apalagi di kota besar yang semakin gersang dan bising.

Tentu saja anda dapat sesekali melakukan perjalanan ke Puncak atau Bali. Tapi tentu saja tidak bisa setiap saat. Selain karena membutuhkan biaya juga membutuhkan waktu yang tentu saja sangat berharga.

Salah satu solusinya adalah membuat kolam taman. Kolam kecil yang bisa di buat di halaman rumah bahkan di dalam rumah.

Tidak sulit membuat kolam taman. Cara paling mudah adalah menggunakan jasa pembuat taman yang ada di sekitar anda. Jika ingin membuat yang lebih sesuai dengan selera anda dan mau sedikit repot, anda bisa membuatnya sendiri.

Caranya secara garis besar sebagai berikut:

Siapkan alat dan bahan-bahan yang diperlukan. Alat: Selang, tali, cangkul/skop, ember dan alat penggalian lainnya. Bahan: Pasir, Batu/bata, lapisan kedap air (plastik tebal/ terpal/ pond liner), pelindung lapisan kedap air (koran bekas/ karpet bekas/ underlayment), pompa air, hiasan lain.

Tentukan tempat dimana anda akan membangun kolam. Pertimbangkan letak nya dengan colokan listrik dan sumber air yang tersedia. Tandai    bentuknya dengan kapur atau tali.
Gali kolam sesuai dengan bentuk dan kedalaman yang anda inginkan.

Beri lapisan pasir setebal 5 cm di dasar kolam.
Tambahkan lapisan underlayment untuk melindungi lapisan kedap air.
Pasang lapisan kedap air, lalu isi dengan air.

Tutupi lapisan kedap air yang tersisa dengan batu dan tanah sisa penggalian. Tambahkan pompa air untuk air mancur (!! hati-hati dengan aliran listrik).

Tes pompa air dan kolam dari kebocoran dengan membiarkannya selama sehari. Jika air tidak berkurang maka kolam sudah jadi.

Berikut Contoh Pond liner dan Underlayment. (ad)
Pondgard Liner 10 X 15
Sunterra 300212 8′ X 10′ PVC Pond Liner, Black
Pond Underlayment 5 x 15
DANNER Underlayment 15′ x 6′

Iklan