Pemilihan Induk

Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur 1,5 tahun sampai 2 tahun dengan panjang badan 15 cm, tinggi badan 10 cm serta berwarna cerah.

Seleksi induk dimulai saat ikan Oscar masih remaja (5 – 6 bulan), dengan cara mencampurkan 5 ekor jantan dan 5 ekor betina. Ikan Oscar remaja ini akan mencari pasangannya sendiri-sendiri. Setelah saling berpasangan pisahkan di bak tersendiri sampai menjadi induk.

Untuk membedakan induk jantan dan induk betina, dapat di lihat dari bentuk badannya. Induk jantan badan relatif lebih panjang dan alat kelamin lebih menonjol. Induk betina yang telah matang kelamin perutnya gendut dan lubang kelamin lebih besar.

Cara Pemijahan

Bak pemijahan terbuat dari semen berukuran 1,5 x 1 x 0,5 m, diisi air setinggi 30 – 40 cm. Sepasang induk Oscar yang telah matang telur dimasukkan ke dalam bak. Pada setiap kolom diberi batu ceper yang berwarna gelap dan di atasnya

ditutup sebagian agar suasana kolom menjadi teduh. Oscar memijah siang dan sore hari. Telur yang telah dibuahi diangakat dimasukkan ke dalam aquarium yang diisi air setinggi 10 cm. Ke dalam aquarium diberi udara (aerasi) dengan kekuatan lemah. Setelah 3 hari biasanya telur-telur mulai menetas.

Pemeliharaan Benih

Benih ikan ini sampai berumur 4 hari belum perlu diberi makan, karena

masih mempunyai persediaan makanan pada yolk sacknya (kuning telur). Pada hari ke 5 benih diberi makanan Rotifera. Pemberian makanan ini tidak boleh terlambat karena ikan Oscar bersifat kanibal (memangsa sesamanya). Pada hari ke 10 sudah bisa diberi kutu ari yang telah disaring. Setelah berumur 2 minggu benih mulai diberi kutu air tanpa disaring dan mulai dicoba cacing rambut.

Iklan