Pemilihan induk
Induk  maskoki harus sudah berumur minimal 8 bulan dengan ukuran  sebesar telur itik.
Pilih induk  maskoki yang bertubuh bulat, sisik utuh dan tersusun rapi. Jika ikan  maskoki bergerak, ekor dan siripnya tegak.

Ciri induk  maskoki jantan
Pada sirip dada terdapat bintik-bintik seperti garam dan jika diraba terasa kasar. Induk yang telah matang kelamin jika diurut pelan kerarah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih

Ciri induk maskoki betina
Pada sirip dada tidak terdapat bintik  dan terasa halus jika diraba.  Jika diurut, keluar cairan kuning bening. Pada induk yang telah matang kelamin, perut terasa lembek dan lubang genital kemerahan.

Cara pemijahan

Bak/aquarium yang telah bersih diisi air yang telah diendapkan .Letakkan eceng gondok untuk melekatkan telur.  Induk maskoki yang telah matang telur dimasukkan kedalam bak pada sore hari. Keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok. Pindahkan induk maskoki ke kolam penampungan induk.  Induk dapat dipijahkan kembali 3 – 4 minggu kemudian.

Pemeliharaan Benih

Setelah 2-3 hari telur  maskoki akan menetas. Sampai berumur  2-3  hari benih belum diberi makan karena masih mempunyai persediaan makanan. Pada hari ke 3 – 4 benih sudah dapat diberi makanan berupa infusoria atau kutu air yang telah disaring.  Setelah berumur 15 hari benih mulai diberi cacing rambut. Pemberian kutu air dihentikan apabila seluruh benih  maskoki sudah mampu memakan cacing rambut.

Iklan